Minggu, 05 Juni 2011

cari driver mainboard secara online

Seperti biasa, setelah kita mengisntall ulang suatu PC atau Laptop terkadang OS, dalam hal ini windows XP... tidak langsung mengenali suatu hardware secara otomatis (plug & play), seperti sound,lancard,VGA. Karena itu kita harus menginstall driver agar hardware tersebut di kenali oleh OS tersebut.. penulis baru mencoba di windows XP.. selain itu hanya tuhan yang tau ... ^_^
terkadang masalah muncul saat CD driver bawaan dari toko tempat membeli PC/Laptop hilang atau rusak.. alhasil kita harus mencari driver tersebut .. salah satunya browsing di internet.. tetapi bagi orang awam, seperti penulis.. sulit untuk bisa melihat spesifikasi nama hardware secara manual.. maka dibutuhkan software pembantu untuk melihat speksifikasi PC tersebut. (kalau ada yang gampang ngapain pakai yang susah)
ada bebrapa cara dan software tersebut ...
1. PC WIZARD





Kita tinggal mengopi merk mainboard serta typenya, kita search di paman google biasanya akan langsung menuju website dari produk tersebut,disana kita bisa mendownload driver yang sesuai dengan spek PC/laptop

2. Bantuan website

namun terkadang merk dan typenya tidak terkenali oleh software ini... nah loh.. *_* bila hal semacam ini terjadi,bisa kita melihat dengan cara : klik kanan my computer -> properties -> Hardware ->device manager -> hardware yg belum dikenal ->details



copykan kode yang penulis lingkari pada gambar di atas, dengan cara tekan ctrl+C, Lalu Paste ke website yang cukup membantu penulis untuk mencari driver ini.



Kita bisa langsung mendownload dengan mengklik tulisan download yang ada di website tersebut.. namun terkadang website ini juga bisa tidak bisa mendapatkan driver yang kita inginkan.. mungkin disebabkan, kita salah mengkopy atau memnag tidak tersedia didatabase website tersebut.. IMHO.

3. Software Ajaib




Software ini cukup unik.. ia akan mendownload driver bawaan motherboard PC/ Laptop secara otomatis.. kita tinggal klik "scan" maka ia akan bekerja dengan sendirinya..








Maka akan tanpak Driver Hardware Yang Belum Dikenali atau belum ter-update pada PC/Laptop



contoh : hardware (ethernet) yang belum ter-update drivernya 10.0 mbps.?



Software akan Mendownload otomatis



saatnya kita melakukan penginstalan driver

NB : bila cara di atas tidak menyelesaikankan masalah harap jgn menyalahakan penulis.. karena tuhan juga yang menentukan .. tapi penulis sarankan.. coba bertanya ke forum² yang ada di internet bila masih bingung..

4. salah satu forum





Mudah²han teman teman di forum dapat memberi pencerahan kepada teman² yg sedang ada masalah seputar komputer...

Link Download :
Udahan dulu yakk.. makasih udah baca².. semoga bisa sedikit membantu..

1 komentar:

  1. BOLAVITA Agent sabung ayam Sv388 & DIGMAAN

    Dengan bonus WIN STREAK terbanyak setiap harinya

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus