Selasa, 31 Januari 2012

network manager di debian membisu



NetworkManager adalah utilitas perangkat lunak yang bertujuan untuk menyederhanakan penggunaan jaringan komputer di Linux berbasis dan mirip Unix sistem operasi .

ceritanya kemarin saya baru mencoba debian, lalu saya burning dech file iso yang sudah ada di HDD saya
singkat cerita berhasil lah si Debian terinstall di KOmpie jadul saya tanpa menemukan kesulitan yang berarti

namun saat saya mau konfigurasi peralatan dunia maya saya, seperti modem, wireless usb adapter, atau kabel RJ 45
saya menemukan si network manager ini menunujukan kebisuannya, ( Read : tidak ada tanda2 konek atau tidaknya ) hanya sebuah icon dengan gambar dua computer yang terdapat tanda silang (X ) di tengahnya, yang menandakan tidak ada koneksi yang terjadi.

namun demikian saya masih bisa terhubung ke jaringan internet maupun lokal..
hmm.. apa yang terjadi .. (nasib seorang newbie.. :( )

kalau di ubuntu saya biasanya konfigfurasi "peralatan dunia maya" dengan mengunakan network manager ini.. dengan sangat mudah bin gampang
i Love ubuntu... :D

singkat cerita saya sudah menemukan solosinya dari mbah google :D

solusinya adalah, tinggal mengedit "/etc/network/interfaces"
# This file describes the network interfaces available on your system
# and how to activate them. For more information, see interfaces(5).

# The loopback network interface
auto lo
iface lo inet loopback

# The primary network interface
allow-hotplug eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.1.200
netmask 255.255.255.0
network 192.168.1.0
broadcast 192.168.1.255
gateway 192.168.1.1
# dns-* options are implemented by the resolvconf package, if installed
dns-nameservers 192.168.1.1
dns-search debian

di atas adalah network interfaces saya setelah fresh install,
agar bisa di handle oleh network manager edit menjadi (di matiin interface nya) :
# This file describes the network interfaces available on your system
# and how to activate them. For more information, see interfaces(5).

# The loopback network interface
auto lo
#iface lo inet loopback
ifdown eth0

restart network manager atau reboot PC

# service network-manager restart

selesai... maka sang network manager pun menyapa saya :D



note :
jadi dalam hal ini, secara default network manager di debian dalam keadaan "membisu" beda dengan ubuntu
semoga bermanfaat bagi saya dan sobat...


sumber : Debian Kaskus Community

Tidak ada komentar:

Posting Komentar